Companion Safety App, Aplikasi yang Menyelamatkan Anda Ketika Pergi Sendirian

Tak sedikit orang yang merasa khawatir ketika keluar rumah sendirian, terutama di malam hari. Salah satu faktor kekhawatiran tersebut adalah masalah keamanan dan keselamatan di tengah isu begal yang kian marak.

Tapi, kekhawatiran tersebut nampaknya sudah bisa diatasi oleh sebuah aplikasi bernama Companion Safety App. Sebuah aplikasi yang bisa diinstal di sistem operasi android dan iOS ini memiliki fungsi memberikan informasi terkait dengan posisi dari titik keberangkatan hingga sampai ke tujuan.

Informasi dari aplikasi ini dapat dibagikan kepada orang lain yang telah dipilih menjadi “rekan” perjalanan. “Rekan yang ditunjuk tersebut akan mendapatkan informasi mengenai jalur yang dilalui pengguna hingga sampai ke tujuan.

Lewat infromasi lokasi GPS, rekan perjalanan pengguna akan mendapat SMS terus-menerus. Sehingga, rekan yang dipilih tersebut dapat memonitori perjalanan serta informasi estimasi waktu yang diperlukan oleh pengguna.

Selain itu, jika pengguna merasa terancam atau terjadi situasi darurat tiba-tiba, aplikasi ini dapat memberikan informasi mengenai kondisi Anda melalui notifikasi yang dikirimkan langsung ke kelompok “rekan” yang telah Anda pilih.

Companion Safety App, Aplikasi yang Menyelamatkan Anda Ketika Pergi Sendirian1

Kelompok “rekan” tersebut dapat dipilih lebih dari satu, mulai dari anggota keluarga, bahkan kantor polisi terdekat.

Seperti yang dilansir oleh Huffington Post, Senin (31/8/2015), Companion Safety App adalah sebuah aplikasi yang awalnya dikembangkan oleh beberapa mahasiswa University of Michigan yang peduli terhadap keamanan kampus serta guna meredam aksi kekerasan seksual.

Untuk sementara, aplikasi ini masih terbatas untuk penggunaan di Amerika Serikat saja. Namun, aplikasi ini masih akan terus dikembangkan untuk dapat menjangkau daerah yang lebih luas.

Sponsored Links