CodeWeavers Dikabarkan Sedang Mengembangkan Agar Android Bisa Menjalankan Aplikasi Windows

Sebuah kabar gebrakan terbaru sedang ramai dibicarakan dimana dikabarkan Android nantinya akan bisa menjalankan aplikasi berbasis Windows. Tentu saja hal ini dirasa sangat mustahil namun ada salah satu perusahaan bernama CodeWeavers yang sedang mencoba mengembangkannya.

Aplikasi yang dikembangkan disebutkan akan memiliki nama Wine dan CrossOver untuk Android. Untuk kedua aplikasi ini memang sudah ada beberapa waktu sebelumnya dan sudah populer dikalangan para pengguna Linux.

Wine sendiri dihadirkan secara open-source dan memungkinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi Windows di lingkungan sistem operasi Linux atau Mac OS X. Dan saat ini CodeWeavers sedang mencoba mengembangkan kembali aplikasi tersebut agar bisa berjalan di Android dan menjalankan aplikasi Windows di Android.

Untuk CrossOver sendiri juga disebutkan akan segera dirilis di Android sekitar akhir tahun ini. Wine dan CodeWeavers sendiri dikabarkan juga sudah mengadakan pertemuan dan sepakat berbagi kode agar aplikasi Wine maupun CrossOver mampu berjalan dengan baik di Android.

Namun banyak nada sumbang menyebutkan jika pengembangan kedua aplikasi ini akan mengalami kesulitan karena hampir semua pengguna Android oleh chipset prosesor berbasis ARM. Sedangkan PC Windows menggunakan prosesor berbasis x86. Arsitektur keduanya sangatlah berbeda dan tidak saling kompatibel. Dan memang pada kenyataannya hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut tentang seberapa jauh perkembangan kedua aplikasi ini.

Sponsored Links