Cara Melacak Android yang Hilang Langsung dari Android

Smartphone kini memang sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi hampir selurung orang di dunia. Apabila anda kehilangan smartphone yang anda miliki tentu anda akan merasa sedih karena tentu saja dalam smartphone tersebut terdapat data data penting anda. Kehilangan sebuah smartphone baik dicuri maupun tertinggal disebuah tempat memang tak terduga dan ta daat dihindari begitu saja. Akan

Akan tetapi anda tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak cara yang dapat digunakan untuk melacak smartphone android kita yang hilang dengan menggunakan berbagai aplikasi. Akan tetapi sayangnya tak banyak orang tau terkait cara cara untuk menemukan smartphone android yang hilang tersebut dan tak banyak juga yang meengetahui aplikasinya secara jelas. Namun anada tak perlu kahawit karena kali ini kami akan mengulas terkait cara untuk melacak Android yang hilang menggunakan Android.

1. Menggunakan Android Device Manager

Tool Android Device Manger memang merupakan cara yang paling ampuh untuk melacak smartphone yang hilang. Anda tidak perlu untuk mendownload fitur ini pasalnya fitur ini sudah ada ketika awal anda membeli smartphone yang satu ini. Hal ini karena demi keamanan Google telah menghimbau pada setip vendor untuk menananmkan fitur ini pada setiap android. Terdapat beberapa syarat khusu ketika ingin menggunakan ADM, syarat tersebut diantaranya adalah pertama androin anda terhubung langsung dengan akun Google, kedua hp Android yang hilang memiliki akses internet dan yang terakhir android belum difactory reset oleh pencurinya.

Jika persyaratan tersebut sudah dipenuhi maka selanjutnya adalah melakukan pelacakan terhadap smartphone anda yang hilang.

  • Pertama yang anda harus lakukan adalah meminjam smartphone dari teman anda kemudian masuk ke browser Google dan masuk dalam link ADM. berikut ini addalah linknya. ADM
  • Kemudian setelah masuk pada ADM, lakukan sign ini pada akun Gogle, perhatikan apabila login akun google harus sama dnegan akun google yang ada di android anda.
  • Apabila sudah berhasil login maka akan muncul sebuah tampilan. Pada tampilan tersebut klik simbol pengaturan dan pilih Locate Device. Jika sudah begitu maka google akan melacak keberadaan android anda. Setelah pelacakan berhasil google akan menampilkan secara langsung lokasi lengkap dari keberadaan smartphone anda.

adm-1

  • Setelah plokasi perangkat ditemukan, maka kuncilah perangkat anda dengan menggunakan tombol lock. Hal ini agar si pencuri tidak menghapus seluruh data yang ada diponsel anda. Saat proses mengunci anda akan disuruh untuk mengisi password agar data anda benar benar terkunci.
  • Kemudian terakhir untuk menemukan ponsel anda adalah, jika anda sudah berada dekat dengan lokasi ponsel anda dilacak maka deringkan ponsel tersebut dengan menekan tombol Ring, maka dengan sendirinya ponsel anda akan berdering dan anda dapat menmukan ponsel anda kemabli.

2. Menggunakan Your Timeline pada Android

Your Timeline adalah Google Maps Location History yang kini telah berganti nama dnegan Your Timeline. Sekali lagi google telah menyediakan tool keamanan untuk smartphone androin anda. Dengan menggunakan tool ini anda dapat mengetahaui lokasi smartphone anda terakhir diakses, lengkap bersama nama tempat, dan tempat mana saja yang pernah dikunjungi. Hal tersebut akan dilaporkan pada akun google anda. Oleh karena itu tool Your Time Line dapat digunakan untuk melacak smartphone android yang hilang.Pada awal membuka tool ini anda akan disuguhi dengan gambar sperti ini

time-line

Pilihlah hari ini pada kalender, kemudian pada sisi kiri anda dapat melihat riwayat pada hari itu, lengkap dengan nama lokasi yang sudah tersimpan. Sedangkan pada bagian kanan akan menunjukkan peta dari lokasi terakhir smartphone anda yang hilang. Berbeda dengan ADM,Your Timeline ini menggunakan Cell ID dan pelacak lokasi WiFi untuk mengetahui data data lokasi yang telah dikunjungi. Oleh karena itu tak heran jika pemberitahuan lokasi terakhir akan cenderung mengalami perubahan secara significant. Dengan begitu anda dapat melacak android anda dalam keadaaan mati sekalipun.

3. Menggunakan Dropbox

Dengan menggunakan dropbox anda dapat melacak si penemu ataupencuri hp dengan cara dropbox dapat mengambil gambar pencuri ketika si pencuri melakukan selfie atau berfoto dengan kamera android anda. Secara langsung foto tersebut akan diunggah ke drobox dengan begitu anda langsung mengetahui siapa yang telah mencuri smartphone anda. Untuk dapat menggunakan alternatif ini pastikan anda sudah menginstal dropbox dan telah mengaktifkan fitur Camera Upload.

Sponsored Links