Cara Hemat Memori Ponsel dari Foto WhatsApp yang Terunduh Otomatis

GadgetGan.com – WhatsApp merupakan salah satu alat komunikasi yang banyak digunakan oleh para pengguna smartphone karena cenderung ringan. Dimana untuk memanjakan para penggunanya, Facebook selaku pengembang aplikasi senantiasa menghadirkan fitur-fitur terbaru yang canggih.

Salah satu fitur yang diusung WhatsApp ialah pengunduhan gambar secara otomatis jika opsi download gambar diaktifkan. Namun sayangnya, percakapan grup biasanya tidak mengirimkan gambar sedikit gambar, bisa saja menumpuk sehingga akan memakan banyak memori ponsel.

Jika dibiarkan, hal ini akan membuat ponsel menjadi kehabisan sisa memori. Namun tidak perlu khawatir, kali ini GadgetGan akan memberikan tips sebagai cara menghemat memori ponsel dari foto WhatsApp yang terunduh otomatis.

Cara Hemat Memori Ponsel dari Foto WhatsApp yang Terunduh Otomatis

  1. Download aplikasi bernama Magic Cleaner for WhatsApp, kemudian installah pada smartphone. Tidak perlu khawatir akan membuat smartphone kehabisan memori karena aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat kecil, yakni 9 MB.
  2. Jika telah berhasil terinstal, bukalah aplikasi Magic Cleaner for WhatsApp tersebut. Anda pun akan disambut dengan penampakan seorang Bapak dengan kepala botak. Untuk memulai analisa, tekanlah kepala dari tokoh tersebut.
  3. Analisa pun dilakukan. Proses pemilahan ini akan berbeda antara ponsel satu dengan ponsel lainnya, dimana hal tersebut dipengaruhi oleh jumlah foto yang tersimpan pada ponsel. Untuk sekali analisa, Magic Cleaner for WhatsApp mampu menganalisa hingga 500 foto. Menariknya, aplikasi ini dapat mengklasifikasikan gambar yang tersimpan pada ponsel, apakah gambar tersebut merupakan gambar screenshot, kartun, MEME atau pun lainnya.
  4. Jika Anda telah memilih foto yang ingin dihapus, tekanlah icon tempat sampah yang terletak di sudut kanan bawah. Kemudian pilih OK ketika muncul kotak dialog.
  5. Tekan tombol “Continue Analysis” jika Anda merasa masih ada foto yang ingin dianalisa.
  6. Selesai, foto-foto WhatsApp yang menumpuk dan memenuhi storage pun telah terhapus.
Sponsored Links