Berikut 5 Aplikasi Untuk Belajar Bahasa Jawa

Terdapat banyak aplikasi belajar bahasa yang bisa digunakan di Google Playstore. Seperti belajar bahasa Inggris, bahasa Jerman, Bahasa Cina, dan sebagainya.

Tapi, bagaimana bagi orang yang ingin belajar bahasa Jawa ? Tenang, saat ini sudah tersedia beberapa aplikasi untuk belajar bahasa Jawa yang sudah bebas diunduh di Google Playstore. Berikut adalah 5 aplikasi untuk belajar bahasa Jawa :

Pepak Belajar Bahasa jawa

Dalam aplikasi ini, pengguna dapat menemukan berbagai kosakata dalam tingkatannya. Aplikasi ini menyerupai kamus yang berguna untuk mencari kosakata dalam bahasa Jawa maupun bahasa Indonesia.

Namun, bedanya pada bagian bawah sudah tersedia daftar kosakata yang diurutkan berdasarkan alfabet, sehingga memudahkan pengguna dalam belajar bahasa Jawa.

Hanacaraka

Hanacaraka

Aplikasi ini menawarkan proses pembelajaran yang dibungkus lewat beragam permainan seru. Ketika aplikasi terbuka, pengguna bisa memilih 2 menu utama yang terdiri dari Belajar dan Bermain. Jika memilih menu Belajar, maka terdapat aksara jawa yang lengkap dengan berbagai aksara pendukungnya.

Sedangkan, Menu Bermain sendiri terdiri atas 4 macam permainan yaitu Juragan Bumbon, Rajahan Wong, Milang-Miling, dan Krapyakan. Tampilan permainan pada aplikasi ini masih sederhana, namun menghibur.

Sinau Aksara

Sinau Aksara

Sinau Aksara menyajikan pembelajaran dengan sistem learning by doing, yang mewajibkan pengguna mencoba praktik menulis, dan berbagai kuis mengenai aksara Jawa.

Terdapat 4 menu yang bisa digunakan dalam aplikasi ini, yaitu Pengenalan Aksara, Menulis Aksara, Konversi Aksara dan Kuis.

Setelah pengguna mengenal aksara Jawa, pilihlah menu Menulis Aksara untuk mencoba menulis huruf Jawa. Kamu juga bisa menggunakan Konversi Aksara untuk mengubah tulisanmu ke dalam aksara Jawa.

Mini Pepak

Mini Pepak

Aplikasi ini memiliki fitur yang sama seperti Pepak Belajar Bahasa Jawa. Bedanya, dalam aplikasi ini terdapat menu dengan ilustrasi kartun dan tidak ada daftar kosakata bahasa Jawa.

Mini Pepak lebih menyerupai kamus yang mengandalkan fitur pencarian kata.

Kamusku: Jawa

Kamusku Jawa

Kamusku:Jawa bisa anda gunakan untuk mempelajari bahasa jawa, baik untuk menerjemahkan bahasa jawa ke bahasa Indonesia maupun sebaliknya.

Kelebihan lain adalah aplikasi ini berjalan secara offline,jadi dapat bekerja meski tanpa koneksi internet, dan tentunya lebih cepat prosesnya karena database berada di dalam aplikasi.

Sponsored Links