Beredar Kabar Aplikasi Mi Market Memiliki Celah Keamanan Yang Berbahaya

Jutaan pengguna tablet dan smartphone besutan Xiaomi dikabarkan sedang dalam ancaman. Hal ini karena baru-baru ini dikabarkan telah ditemukan sebuah celah keamanan atau kerentanan pada aplikasi Mi Market.

Untuk sekedar informasi saja, aplikasi Mi Market sendiri adalah sebuah toko aplikasi alternatif dari Google Play Store yang dikembangkan oleh Xiaomi. Sehingga kehadiran aplikasi ini sebenarnya untuk menggantikan aplikasi Google Play Store pada produk Xiaomi yang ada di negara Tiongkok.

Namun kali ini beredar sebuah kabar jika aplikasi Mi Market ini sudah memiliki salah satu celah keamanan yang sangat serius. Aplikasi ini sebenarnya juga tidak mutlak harus dipasang di perangkat Xiaomi karena juga bisa dipasang di berbagai perangkat lain yang berbasis Android.

Untuk informasi celah keamanan pada Mi Market sendiri diungkapkan oleh perusahaan keamanan mobile, Bluebox. Bluebox sendiri mengindentifikasi pada update terbaru Mi Market yang hanya menggunakan protokol HTTP biasa untuk melakukan koneksi.

Tentu saja hal ini akan menghadirkan berbagai ancaman bahaya seperti mencegat trafik dan melakukan modifikasi antara Mi Market dan klien. Dalam dunia keamanan mobile hal ini biasa disebut dengan istilah serangan MITM (man in the middle).

Efek yang bisa ditimbulkan adalah para konsumen akan mendapatkan aplikasi yang dibeli namun dalam kondisi palsu. Hal ini karena di dalam aplikasi tersebut sudah membawa beberapa malware jahat untuk kepentingan khusus yang tentunya berefek negatif. Tentu saja hal yang paling rentan adalah pencurian kata sandi dan id login penting anda. Sehingga sebaiknya hindari menginstall Mi Market di smartphone anda.

Sponsored Links