Beberapa Aplikasi Android Yang Bisa Bikin Baterai Android Kamu Boros

Bagi Anda pengguna Android, tentu sudah sangat akrab dengan borosnya baterai. Hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan, tapi memang terdapat beberapa aplikasi yang sudah terinstal dan memakan banyak resource, sehingga perlu daya lebih bahkan ketika tidak sedang digunakan.

Untuk itu, kami akan membeberkan aplikasi yang memakan beban baterai berlebih sehingga membuat daya cepat habis.

Blackberry Messenger (BBM)

BBM sudah terbukti membuat daya baterai cepat habis. Hal tersebut karena tidak ada proses log in dan log out yang akhirnya membuat aplikasi ini terus berjalan meski tidak digunakan.

Facebook

Facebook juga merupakan aplikasi yang memakan banyak baterai, sebab prosesnya cukup banyak. Notifikasi pesan, tambah pertemanan, pemberitahuan dll. Tapi, masih ada fitur menonaktifkan aplikasi ini, dengan cara log out, sehingga pemakaian baterai masih bisa dihemat dengan menggunakan fitur tersebut.

Google Maps (dan segala aplikasi mapping)

Google Maps adalah aplikasi yang menggunakan fitur GPS, dimana fitur tersebut paling haus akan sumber daya. Tentu, hal tersebut membuat baterai smartphone Android Anda akan boros. Selain itu, Google Maps melakukan tracking ke setiap daerah yang dirayapi pengguna, maka secara tidak langsung pengguna akan melakukan download pada setiap peta yang ingin dilihat.

Email Client

Fitur sinkronisasi di Android seperti email dengan segala aplikasi yang terinstal, memiliki dampak negatif, yakni memakan banyak daya baterai. Aplikasi email seperti Gmail atau YahooMail akan secara berkala mengecek email yang masuk, hal tersebut jelas akan memakan sumber daya baterai.

Tapi masih ada solusi untuk permasalahan ini, yaitu dengan mematikan fitur auto-sinkronisasi. Dengan begitu, Anda bisa mengecek email masuk secara manual.

Game Online atau Game bergrafik 3D

Tidak dapat dipungkiri bahwa game merupakan segala sumber permasalahan kenapa baterai smartphone cepat habis. Tapi, game online dan game yang memiliki grafik 3D akan memakan daya baterai lebih besar dibanding game yang standar.

Sponsored Links