Baterai Lentur Mulai Dikembangkan Peneliti Arizona State University

Baterai sepertinya sudah menjadi salah satu komponen terpenting dalam produk gadget masa kini. Kinerja baterai yang mampu bertahan dalam waktu lama tentu menjadi salah satu acuan yang sangat penting untuk para konsumen produk gadget tersebut.

Berbagai perusahaan pun berusahan mengembangkan produk baterai yang lebih gahar, canggih, dan mampu bertahan dalam waktu yang lama. Tak hanya itu baterai saat ini dituntut harus seaman mungkin karena banyak kejadian baterai meledak ketika di charger dalam waktu yang lama.

Teknologi baterai sendir saat ini memang sudah berkembang cukup pesat. Seperti yang terbaru kali ini hadir sebuah teknologi baterai yang memiliki tingkat kelenturan seperti sebuah karet.

Baterai yang memang masih prototipe atau dalam masa uji coba diklaim mampu memanjang hingga 150% dari ukuran normalnya. Pihak yang mengembangkan baterai elastis ini adalah peneliti dari Arizona State University.

Maksud dari kelenturan yang ada di baterai ini adalah untuk memberikan keluasan aliran terganggu pada baterai. Tentu saja manfaat utama dari kelenturan ini akan membuat baterai tidak mudah mengembung seperti yang biasa terjadi pada baterai-baterai masa kini.

Sementara itu tim peneliti sendiri mengatakan jika inspirasi mereka membuat baterai lentur ini adalah seni Jepang kuno bernama Kirigami. Baterai ini bahkan diklaim juga bisa menggantikan baterai besar dan kaku yang membatasi pengembangan perangkat elektronik.

Sponsored Links