Apple Resmi Di Denda $234 Juta Karena Terbukti Melanggar Hak Paten

Apple kali ini diterpa masalah baru dimana pihaknya kali ini sudah ditetapkan oleh pengadilan Amerika Serikat jika Apple wajib membayar denda. Denda tersebut memiliki nominal sangat besar yakni sekitar $234 juta.

Jika dirupiahkan tentu saja jumlah ini mencapai Rp 3 triliunan. Denda sebesar ini dikenakan kepada Apple karena Apple telah terbukti melanggar hak paten. Apple sendiri dilaporkan oleh Wisconsin Alumni Research Foundatian, bagian lisensi paten dari University of Wisconsin-Madison.

Dari sini pelaporan dilakukan untuk terus menjaga temuan mereka dari pemakaian yang tak berizin. Pelanggaran paten yang terjadi ini adalah Apple telah memasukkan teknologi chip mikro yang sudah dipatenkan pada iPhone dan iPad tanpa meminta izin.

Apple sendiri mengatakan sudah mengajukan banding dan menolak berkomentar lebih lanjut. Sementara itu total dendar sebesar ini ternyata masih lebih kecil dari jumlah ganti rugi lebih sedikit dari yang diminta yayasan.

Perlu diketahui denda awal yang diminta mencapai angka $862 juta atau sekitar Rp 11 Triliun lebih. Kenapa total denda menurun karena pengadilan sudah membuktikan jika Apple tidak secara sengaja melanggar hak paten.

Salah satu penemu dari teknologi chip mikro tersebut adalah Profesor ilmu komputer University of Wisconsin-Madison Gurindar Sohi. Chip mikro ini dirancang untuk mendorong kerja prosesor komputer. Sohi sendiri hadir di pengadilan federal di Madison, Wisconsin untuk mendengar hasil putusan.

Sponsored Links