Apa Beda Antara Prosesor 32-bit Dan 64-bit

Jika anda terus mengikuti perkembangan produk Android saat ini, yang sedang panas saat ini adalah kehadiran Android dengan jenis prosesor 32-bit dan 64-bit. Tentunya memang dua jenis ini cukup berbeda dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tentu saja banyak orang langsung menganggap jika tipe prosesor yang digunakan 64-bit akan lebih baik jika dibandingkan dengan prosesor 32-bit. Dan faktanya memang benar, dengan prosesor 64-bit maka kinerja prosesor akan semakin baik dan semakin lancar tanpa masalah.

Bahkan dengan prosesor 64-bit ini maka kapasitas RAM yang bisa ditampung mencapai 4GB. Namun ada beberapa hal yang harus digaris bawahi agar mendapatkan performa maksimal pada prosesor jenis 64-bit.

Sistem operasi Android yang wajib digunakan agar mendapatkan performa terbaiknya minimal adalah Android 5.0 Lollipop. Karena tipe OS inilah yang saat ini sudah kompatibel dengan prosesor 64-bit.

Sehingga bisa dipastikan jika anda saat ini menggunakan prosesor 64-bit dan ternyata sistem operasi masih menggunakan KitKat, kinerja dari prosesor anda akan terbuang sia-sia tanpa ada keuntungan.

Hal ini juga bisa terlihat ketika dalam pengetesan benchmark. Jika anda masih tetap menggunakan OS Kitkat, maka hasil skor benchmark akan cukup berbeda jika dibandingkan dengan hasil benchmark menggunakan OS Lollipop. Hal yang terasa juga ketika sedang bermain game dan lain sebagainya, karena dengan OS lawas maka kinerja akan sedikit lag dan tidak maksimal.

Sponsored Links