Android Pay, Hadirkan Keunggulan Dengan Bebas Biaya Transaksi Kartu Kredit Dan Debit

Google kali ini memang sudah mulai memperkenalkan dan mensosialisasikan sistem pembayaran digital terbaru miliknya yang diberi nama Android Pay. Bahkan kali ini demi mendongkrak jumlah pengguna Android Pay, Google memberikan fitur menarik yakni menggratiskan biaya transaksi kartu kredit dan debit.

Tentu saja ini sangat bertolak belakang dengan saingan mereka yakni Apple Pay dimana menerima biaya administrasi dari nilai transaksi. Tentu saja ini menjadi ancaman bagi Apple Pay karena fitur dari Android Play jauh lebih meringankan dan mempermudah transaksi.

Sebenarnya biaya administrasi di Apple Pay tidak terlalu besar, yakni 0,15% dari nilai transaksi  dan untuk kartu debit sekitar 0,5% dari nilai transaksi. Jika diperhatikan memang jumlah presentase ini sangat kecil jumlahnya.

Namun jika melihat jumlah pengguna Apple Pay, maka bisa dikatakan Apple bisa meraup keuntungan yang cukup lumayan besar. Sementara Android Play benar-benar tidak menerapkan biaya apapun untuk transaksi di kartu debit atau kartu kredit sekalipun.

Namun dari beberapa kabar hal dihadirkan karena dipengaruhi oleh fitur sistem kemanan baru tokenisasi yang diberlakukan Master Card dan Visa. Dimana metode ini akan bekerja dengan menukar data kartu dan data transaksi dengan serangkaian kode unik yang menvalidasi pembelian.

Fitur ini akan membuat resiko pencurian data oleh pihak tidak bertanggung jawab akan berkurang dan bahkan tidak sama sekali. Meski menggratiskan biaya administrasi, disebut-sebut jika Android Pay ini tetap akan mendorong pemasukan Android Pay jauh lebih luas.

Sponsored Links