Ancaman Berbahaya Dibalik Software Bajakan

Software bajakan sendiri memang sangat diminati banyak orang karena selain memiliki harga murah, anda juga bisa mendapatkan sebuah kemampuan software kelas premium.

Namun jangan salah, dibalik harga murah dan kualitas yang dimilikinya ternyata software bajakan mengandung berbagai hal yang sangat berbahaya bagi komputer anda.

Penggunaan software bajakan memang sangat berbahaya, karena kasus penyerangan dunia maya memanfaatkan jasa dari Trojan, botnet, dan malware. Hal-hal seperti inilah yang mudah masuk ke komputer anda yang menggunakan software bajakan.

Indonesia sendiri ternyata masuk kedalam negara ketiga yang sering mengalami serangan dunia maya. Indonesia sendiri juga dikenal sebagai salah satu negara terbesar yang sebagian besar warganya menggunakan software bajakan.

Hasil atau dampak negatif dari permasalahan ini adalah banyak investor enggan menanam investasinya di Tanah Air akibat terlalu besarnya jumlah pembajakan di Indonesia. Tentu saja ini menjadi sebuah kerugian besar bagi negara Indonesia.

Pemerintah Indonesia sendiri mulai bergerak untuk mengantisipasi hal-hal seperti pembajakan dengan membuat Undag-undang Hak Cipta No. 28/2014. Bahkan dalam UU tersebut disebutkan jika diketahui melanggar, maka denda yang diberikan adalah Rp 500 juta hingga Rp 1 triliun.

UU ini juga mengatur agar mall atau hypermarket harus terus menjaga produk yang mereka jual agar tidak dimasuki produk bajakan. Sementara itu denda yang diberatkan kepada mall atau hypermarket yang melanggar sekitar Rp 100 jutaan. Sebuah ancaman yang cukup serius untuk menekan angka pembajakan di Indonesia.

Sponsored Links