Alibaba Hadirkan Fitur Pembayaran Dengan Teknologi Facial Recognition

Alibaba Group saat ini adalah perusahaan raksasa asal negeri tirai bambu, China dimana perusahaan ini hampir memimpin seluruh transaksi jual beli di negara tersebut.

Kali ini diketahui jika Alibaba Group tengah bekerjasama dengan Alipay untuk membuat sebuah layanan pembayaran baru yang menggunakan teknologi ‘facial recognition’.

Teknologi pembayaran ini akan bekerja dengan menganalisa wajah anda dan bisa dikatakan untuk menggantikan kinerja password yang saat ini dinilai sudah merepotkan.

Jack Ma yang menjabat sebagai Chairman Alibaba menuturkan jika fitur ini telah resmi diperkenalkan di pameran dagang Cebit Hanover, Jerman. Dalam ajang tersebut Jack Ma mendemokan ketika dirinya membeli sebuah souvenir perangko dan menggunakan sistem ‘facial recognition’.

Untuk memproses pembelian yang dilakukan, wajah Jack Ma terlihat dari demo wajahnya harus melalui sebuah proses scanning. Sementara untuk memindai wajah, anda bisa memanfaatkan kamera depan dari smartphone anda.

Fitur ini dihadirkan untuk membantu pengguna yang selalu lupa dengan password atau kata sandi mereka. Namun fitur ini sendiri masih masuk dalam tahap pengembangan. Sementara untuk tingkat keamanan dari teknologi ini masih belum ada konfirmasi lebih lanjut.

Teknologi pembayaran online memang sedang menjadi favorit banyak orang. Selain itu juga semakin banyak teknologi pembayaran jual beli online. Salah satu vendor yang menghadirkan fitur ini adalah Apple dengan fitur fingerprint yang dikombinasi dengan Apple Pay.

Sponsored Links