Alasan Mengapa Harga Smartphone Xiaomi Begitu Murah!

GadgetGan.com – Meskipun terbilang baru karena baru berdiri pada tahun 2010 lalu, kepopuleran dari Xiaomi masih terus meningkat drastis. Hingga saat ini, Xiaomi masih menjadi salah satu brand smartphone yang menguasai pasaran. Bahkan, pada tahun 2015 lalu, ia mampu menduduki peringkat keempat sebagai produsen smartphone terbesar yang ada di seluruh dunia.

Lantas, apa penyebab utama dari larisnya smartphone produksi Xiaomi ?

Jawabannya ialah Xiaomi mampu menerapkan model bisnis yang cerdas. Perusahaan mampu menjual produk dengan spesifikasi tinggi namun dibanderol dengan harga yang murah. Mengapa bisa demikian ?

  • Minim Beriklan

Alasan yang pertama dari harga smartphone Xiaomi yang murah ialah perusahaan tidak pernah melakukan pengiklanan produk secara besar-besaran. Hampir sama seperti perusahaan lainnya, Xiaomi juga pernah beriklan namun iklan yang dimilikinya cenderung memiliki budget yang lebih minim.

Jika dibandingkan dengan vendor lain yang lebih memilih iklan untuk mempromosikan produknya, Xiaomi rupanya lebih memilih menggunakan media sosial. Menurutnya, melalui media sosial tersebut maka produk dari Xiaomi bakal diperkenalkan melalui mulut ke mulut. Dengan demikian, budget yang dibutuhkannya untuk beriklan pun akan lebih minim dan dapat dialokasikan untuk memproduksi smartphone terbaru di tahun berikutnya.

  • Jual cepat dan sangat terbatas

Karena membanderol dengan harga yang murah, tentu smartphone Xiaomi laku keras di pasaran. Untuk menanggapi hal ini, Xiaomi pun menerapkan kebijakan terhadap proses produksinya. Adapun kebijakan yang dimilikinya ialah menjual produk secara cepat dan terbatas.

Cara ini sebenarnya banyak dikeluhkan oleh penggemar Xiaomi. Namun, hal inilah yang menjadi suatu strategi yang diterapkan oleh perusahaan agar modal yang dikeluarkan bisa kembali dan dapat meraup keuntungan. Tidak hanya itu, penjualan produk yang terbatas juga membuat Xiaomi tidak perlu lagi mengeluarkan dana untuk pemeliharan dan penyimpanan berbagai produk yang dihasilkannya.

  • Melakukan ekspor ke pasar potensial

Selain menjual smartphone pada pelanggan kecil, Xiaomi rupanya terus berusaha untuk memperluas pasarnya hingga ke beberapa negara yang ada di dunia. Hingga saat ini, cakupan dari Xiaomi memang cenderung belum banyak, namun ia lebih menyasar negara yang memiliki potensi besar, contohnya saja India, Brazil, Meksiko, Rusia dan sebagian besar negara di Asia Tenggara.

Dengan melakukan ekspor ke pasar potensial, jelas pendapatan yang diperoleh oleh Xiaomi akan lebih besar. Meskipun keuntungan tersebut kecil, namun jika peminatnya membludak, jelas keuntungan yang diperoleh tidak sedikit.

  • Menjalin kerjasama yang strategis

Xiaomi merupakan perusahaan yang didirikan dari sekumpulan para pemain lama yang telah berkecimpung di dunia bisnis teknologi, salah satunya ialah Hugo Bara yang merupakan Vice President Xiaomi saat ini.

Mantan bos Google tersebut mengungkapkan bahwa perusahaan memiliki hubungan yang sangat baik dengan para penyuplai komponen atau hardware, sehingga Xiaomi mampu memperoleh pasokan komponen dengan harga yang jauh lebih miring. Salah satu mitra kerjasama Xiaomi ialah Qualcomm.

Seperti yang kita ketahui, Qualcomm sendiri merupakan prosesor yang banyak digunakan oleh Xiaomi untuk mempersenjatai smartphone yang diproduksinya. Dimana prosesor tersebut cenderung super kuat dan gahar. Tidak hanya Qualcomm, Xiaomi juga telah sangat dekat dengan berbagai produsen layar dan berbagai produsen komponen hardware lainnya.

Sponsored Links