Alasan BlackBerry Akhirnya Pakai Android

Perusahaan smartphone kenamaan, Blackberry, membenarkan berita bahwa mereka sedang bersiap meluncurkan ponsel pintar berbasis Android, seperti yang diumumkan oleh CEO Blackberry, John Chen.

Lalu, apa alasan Blackberry sehingga mau mengadopsi OS buatan Google ini ?

“Ini adalah jawaban bagi pengguna BlackBerry lama yang menginginkan keyboard fisik, tetapi suka dengan aplikasi-aplikasi masa kini,” ujar Chen seperti dikutip KompasTeknodari Cnet, Sabtu (26/9/2015).

Ponsel tersebut diberi nama Priv (berasal dari kata “Privacy” dan “Privilege”) dan menurut Chen, itu adalah smartphone Android teraman yang beredar di pasaran.

Dia mengatakan, Blackberry akan meluncurkan Priv pada tahun ini juga. Sementara itu, belum ada rencana bagi perusahaan ponsel Blackberry tersebut dengan meluncurkan OS BB10 di tahun ini.

Lebih lanjut, Chen menyatakan perangkat flagship ini ditujukan untuk konsumen umum, pekerja profesional, dan mereka yang ingin produktif serta aman dengan perangkat android.

Untuk detail spesifikasinya, rumor yang beredar menyebutkan bahwa ponsel canggih ini dilengkapi dengna layar 5,4 inci (2560 x 1440), prossor SNapdragon 808, RAM 3GB, kamera 18MP dan 5 MP serta keyboard berfitur touch input seperti Blackberry Passport.

Analis dari Strategic Analytic, Neil Mawston menyatakan bahwa upaya Blackberry mengadopsi sistem operasi mobile berjamaah ini untuk menggaet konsumen lebih luas.

“Jika tidak bisa mengalahkannya (Android), maka bergabunglah,” kata Mawston.

“OS BlackBerry sudah tidak sepopuler dulu lagi, makanya mereka beralih ke Android untuk menyasar pasar yang lebih besar di sisi konsumer,” imbuhnya.

Sponsored Links