8 Fungsi Unik Google yang Jarang Digunakan

GadgetGan.com – Bukan menjadi hal yang rahasia jika Google merupakan media yang mampu menyuguhkan berbagai informasi. Dimana informasi tersebut akan tersedia hanya dengan cara mengetikkan kata kunci dalam pencarian. Hal inilah yang membuat Google dijuluki sebagai rajanya internet.

Namun sayangnya, tidak semua fitur yang ada pada Google dimanfaatkan oleh pengguna. Ada beberapa fungsi yang belum dimengerti. Berikut 8 fungsi unik Google yang sangat jarang digunakan.

  • Kalkulator

Google memiliki fitur kalkulator. Penggunaan dari kalkulator sendiri cukup mudah, yakni dengan mengetikkan simbol matematika kemudian menekan enter. Contohnya 128*6. Bahkan menariknya, kalkulator pada Google ini mampu menyelesaikan soal matematika yang rumit sekali pun.

  • Menghitung Kurs

Fitur selanjutnya ialah menghitung kurs. Caranya ialah dnegan mengetik pencarian 210 GBP to IDR, maka Google akan menampilkan hasil perhitungannya. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi repot-repot menghitung atau mengonversi secara manual dengan kalkulator.

  • Pencarian Grafik Fungsi Matematika

Fitur unik Google yang jarang digunakan lainnya ialah pencarian grafik fungsi Matematika. Untuk memanfaatkan fitur ini, Anda cukup mengetik “graph for” kemudian tambahkan fungsi yang ingin dicari (tanpa tanda petik). Contohnya jika Anda ingin mencari grafik dari cos (x), maka Anda cukup mengetik “graph for cos (x)” (tanpa tanda petik).

  • Konversi Satuan

Tidak hanya mengonversi kurs, Google juga berkemampuan untuk mengonversi satuan, baik ke satuan inchi, mil dan lain sebagainya. Contohnya ketika Anda ingin mengonversi satuan dari Celcius ke Fahrenheit, cukup mengetikkan 87 C to F pada pencarian Google.

  • Mengetahui Jarak dan Waktu Tempuh

Fungsi unik Google lainnya ialah mengetahui jarak dan waktu tempuh. Hal ini tentu sangat membantu bagi Anda yang akan atau tengah menempuh perjalanan.

  • Prakiraan Cuaca

Google juga memiliki fungsi untuk memprakirakan cuaca. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yakni dengan mengetikkan prakiraan cuaca yang ditambahkan dengan kota yang ingin Anda ketahui. Contoh : prakiraan cuaca Surabaya.

  • Pencarian Tanggal dan Waktu

Fungsi unik Google lainnya ialah pencarian tanggal dan waktu. Caranya ialah dengan mengetikkan pencarian dengan lokasi yang ingin diketahui. Contohnya ketika Anda ingin mengetahui tanggal dan waktu di Dallas, cukup mengetikkan “time in Dallas” (tanpa tanda petik) di pencarian Google.

  • Mengetahui Matahari Terbit dan Terbenam

Mengetahui kapan matahari terbit dan terbenam di lokasi tempat tinggal Anda juga dapat dilihat di mesin pencarian Google. Ketika Anda ingin mengetahui waktu matahari terbit di Gunung Bromo, cukup mengetikkan “matahari terbit di Gunung Rinjani” (tanpa tanda petik).

Sponsored Links