7 Penyebab Performa Laptop LEMOT dan Cara Mengatasinya

GadgetGan.com – Laptop yang lemot tentunya menjadi suatu permasalahan bagi si penggunanya. Selain menganggu kenyamanan, hal tersebut juga dapat mengganggu kinerja. Kelemotan dari suatu laptop tersebut biasanya disebabkan dari berbagai hal, baik dari sektor software atau pun hardware. Berikut 7 penyebab performa laptop lemot dan cara mengatasinya.

  • Uninstall program yang tidak diperlukan

Banyaknya program yang terinstall pada laptop membuat kinerja laptop menjadi lemot. Hal tersebut disebabkan berbagai program tersebut mengonsumsi resource memori sehingga membuat tidak optimalnya pengalokasian memori. Untuk mengatasi hal ini, uninstallah program yang tidak diperlukan.

  • Virus

Adanya virus yang menginfeksi laptop membuat kinerja laptop menjadi lemot. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya pastikan bahwa laptop Anda telah terinstall anti virus. Untuk hasil yang optimal, lakukanlah scanning system secara teratur.

  • Bersihkan Junk File

Membersihkan junk file juga harus dilakukan untuk mengatasi laptop yang lemot. Salah satu aplikasi yang sangat disarankan untuk mengatasi hal ini ialah Ccleaner. Aplikasi tersebut berkemampuan untuk membersihkan file yang tidak diperlukan lagi.

  • Kapasitas Hard Disk

Penuhnya kapasitas hard disk membuat kecepatan laptop menjadi berkurang. Contohnya saja drive d yang merupakan tempat menginstal sistem operasi. Usahakan drive tersebut memiliki ruang kosong yang cukup. Untuk hasil yang optimal, Anda juga dapat melakukan upgrade hard disk pada laptop Anda.

  • Upgrade RAM

RAM laptop yang terlalu kecil membuat kinerja dari suatu laptop menjadi menurun. Hal tersebut disebabkan laptop tidak lagi mampu untuk menjalankan suatu perintah yang diberikan. Oleh karena itu, lakukan upgrade RAM agar performa laptop menjadi lebih baik.

  • Bersihkan bagian dalam laptop

Laptop sangat rentan terkena debu, sehingga berpengaruh terhadap performa dari laptop tersebut. Pasalnya, banyaknya debu yang menumpuk membuat sirkulasi udara menjadi buruk dan laptop juga tidak terhindar dari hawa panas yang berlebihan. Bersihkanlah bagian dalam laptop, terutama pada bagian fan dan tempat sirkulasi udara.

  • Reinstall Sistem Operasi

Jika berbagai solusi di atas tidak cukup ampuh untuk mengatasi laptop yang lemot, segeralah lakukan reinstall sistem operasi pada laptop yang Anda miliki.

Sponsored Links