6 Tips Mudah Cara Merawat Baterai Android Agar Awet

Dengan memiliki perangkat smartphone baik yang mengusung OS Android, Blackberry, Windows Phone, atau iOS, tentu kita harus bisa menjada agar baterai tidak mudah drop.

Selain bermanfaat supaya baterai awet, memiliki smartphone yang terjaga kualitas baterainya juga tidak mudah merusak kinerja sistem operasi. Lalu bagaimana cara merawat baterai smartphone biar awet ? Berikut kami bagikan informasinya.

Jaga Tempatur Baterai

Jika baterai terlalu sering panas, lama-lama baterai tersebut akan menggelembung dan tidak bisa menyimpan energi listrik dengan benar. Untuk itu, jika baterai sudah panas, hentikan pengoperasian smartphone Anda hingga baterai kembali dingin.

Gunakan Apps Battery Saver/Booster

Aplikasi Battery Saver cukup berguna untuk mengatur aliran listrik yang masuk ke baterai. Contoh, akan muncul peringatan ketika baterai sudah penuh ketika dicharge, menolak charge ketika dalam kondisi baterai panas, dan mengoptimalkan kinerja aplikasi lain.

Jangan Charge Smartphone Jika Baterai Masih Panas

Hindari mengisi daya smartphone ketika baterai masih panas, sebab hal tersebut bisa merusak baterai Anda. Jika hal tersebut terjadi, bukan tidak mungkin, baterai smartphone Anda akan segera menggelembung.

Hindari Low Bat

Sebaiknya, Anda segera mengisi daya baterai sebelum mencapai 20%. Sebab, jika terlalu sering membiarkan baterai smartphone low bat, maka akan berakibat cepat rusak.

Tutup App yang Sudah Tidak Dipakai

Dengan menutup aplikasi yang sudah tidak dipakai, berarti Anda sudah menghemat daya baterai. Hal tersebut tentu Akan menjadikan daya smartphone Anda bertahan lebih lama.

Jangan Gunakan Smartphone Ketika Di-Charge

Sebaiknya Anda tidak menggunakan smartphone ketika di-charge, karena jika digunakan, maka baterai smartphone Anda akan cepat panas, dan dalam waktu lama akan menggelembung rusak.

Sponsored Links