6 Cara Simple Untuk Meningkatkan Sinyal WiFi

GadgetGan.com – Hadirnya WiFi disambut sangat positif bagi para pengguna smartphone. Namun sering kali, sinyal dari WiFi tersebut cenderung lemah yang tentunya memberikan dampak yang buruk ketika berselancar di dunia maya. Terlebih lagi, hingga saat ini, kecepatan internet yang dimiliki oleh Indonesia sendiri masih cukup terbelakang jika dibandingkan dengan negara lainnya, yakni menduduki peringkat 122 di seluruh dunia.

Untuk mengatasi hal ini, banyak hal yang dilakukan untuk membuat sinyal WiFi menjadi lebih kuat agar aktivitas berinternet Anda menjadi lebih mumpuni. Berikut 6 cara simple untuk meningkatkan sinyal WiFi yang perlu Anda coba.

  • Pilih teknologi WiFi terbaru

Di era yang modern ini, telah hadir berbagai teknologi wireless terbaru, yakni teknologi A, B, G dan N. Untuk teknologi WiFi A, B dan G sendiri merupakan jenis teknologi lama yang memiliki kecepatan internet cenderung lambat. Sedangkan teknologi terbarunya ialah teknologi N yang mampu menyuguhkan kecepatan yang super kencang.

  • Tempatkan router di posisi yang tepat

Meskipun bersifat tidak tampak, namun tembok penghalang rupanya sangat berpengaruh terhadap keberadaan sinyal dari WiFi tersebut. Oleh karena itu, tempatkanlah router di posisi yang tepat agar Anda dapat berinternetan dengan nyaman tanpa hambatan apa pun.

  • Jauhkan dari perangkat elektronik lainnya

Kualitas sinyal yang disuguhkan oleh router rupanya tidak hanya dipengaruhi oleh router lainnya, melainkan juga dapat dipengaruhi oleh perangkat elektronik, contohnya microwave. Untuk itu, sebaiknya Anda menjauhkan berbagai perangkat elektronik dari router agar sinyal WiFi dalam kondisi yang kuat. Alternatif lain yang perlu Anda lakukan ialah menggunakan router dual band. Dimana router dual band tersebut bertujuan untuk memudahkan Anda dalam memindahkan frekuensi.

  • Perbaiki sistem keamanan

Cara lain untuk meningkatkan sinyal WiFi ialah dengan memperbaiki sistem keamanan. Jika WiFi tersebut tidak dilengkapi dengan password, bisa saja koneksi WiFi Anda digunakan oleh orang lain di sekitar Anda tanpa Anda ketahui. Dalam hal ini, Anda perlu menggunakan enkripsi WPA2 untuk memberikan password pada WiFi tersebut.

  • Kontrol Bandwith

Terkadang, WiFi merupakan konsumsi banyak orang yang membuat kecepatan browsing Anda menjadi lebih lambat. Sebenarnya Anda dapat mengontrol penggunaan bandwitch pada WiFi tersebut untuk meminimalisir adanya kebocoran bandwith.

  • Restart router secara rutin

Tidak hanya ponsel, router rupanya juga perlu direstart ketika mengalami masalah karena digunakan terlalu lama. Oleh karena itu, restartlah router secara rutin dalam jangka waktu tertentu agar membuat koneksi WiFi tetap nyaman dan lancar.

Sponsored Links