6 Alat Perekam Musik Studio Paling Vital untuk Membuat Home Recording

Saat ini banyak orang yang berkarya dengan musik baik itu dengan mengcover lagu orang lain atau membuat lagu ciptaan sendiri. Sayangnya lagu ciptaan sendiri masih banyak diciptakan dengan alat musik sederhana seperti gitar, piano, dan lain sebagainya. Supaya lebih profesional Anda membutuhkan musik studio untuk rekamannya. Untuk membuatnya Anda hanya membutuhkan ruang kosong yang sudah diberikan oleh alat rekaman dan peredam.

Saat ini pun teknologi sudah berkembang dengan pesat sehingga Anda bisa membangun studio rekaman sederhana di dalam rumah Anda meski dengan anggaran yang rendah. Berikut ini adalah beberapa alat yang Anda butuhkan untuk membuat musik studio di rumah Anda:

Komputer

Alat yang pertama adalah komputer. Home recording tidak akan bisa dijalankan tanpa menggunakan laptop atau PC. Untuk melakukan recording ini Anda tidak membutuhkan komputer tercanggih untuk melakukan mixing dan perekaman namun komputer yang Anda miliki harus cepat dan tidak lambat. Dengan alat komputer ini Anda bisa melakukan berbagai macam hal mulai dari tunner, pemilihan fx guitar maupun bass, drum, editing, mastering, dan lain sebagainya bisa dilakukan dengan menggunakan komputer ini. Oleh sebab itulah Anda membutuhkan komputer dengan spesifikasi dan dengan kecepatan yang bagus minimal core-iatau core 2 series. Pilihlah yang memiliki RAM besar karena beberapa software rekaman ini memakan memori banyak dikarenakan ukurannya yang besar.

Microphone

Microphone menjadi salah satu alat perekam musik studio yang wajib untuk Anda miliki. Tanpa microphone ini perekaman suara tidak akan bisa merekam suara dengan baik. Untuk membuat home studio yang terjangkau bisa dengan menggunakan mikrofontunggal saja namun yang sifatnya dinamis dimana tidak hanya bisa digunakan sebagai vokal namun juga bisa membuat instrumen musik.

Audio Interface

Alat perekam musik studio yang diperlukan selanjutnya adalah Audio Interface yang mana menjadi hardware pengganti sound card. Anda bisa menghubungkan instrumen dan mikrofon Anda ke komputer melalui mixer ini. Karena fungsinya tersebut membuat alat ini sangat dibutuhkan untuk membuat home recording studio setelah microphone. Untuk komputer Anda bisa memasang perangkat ini pada slot kosong PCI. Untuk membeli Audio Interface ini pastikan jika Anda memiliki 2 input dan juga 2 output ke jack. Hal ini akan membuat Anda bisa merekam ke dalam stereo. Supaya fleksibel Anda harus memilih Audio Interface dengan 4 jack input.

Baca Juga : Tips Mendapatkan Speaker Aktif Berkualitas

DAW Software

DAW adalah singkatan dari Digital Audio Workstation dan menjadi salah satu software yang banyak digunakan untuk recording. DAW ini banyak yang dijadikan sebagai software bawaan Audio Interface. Memang software ini harganya mahal namun untuk home recording studio rumahan Anda bisa mendapatkannya secara gratis melalui versi freeware atau shareware. Software ini juga ada yang versi entry-level sayangnya kurang bertenaga untuk melakukan rekaman. DAW entry level ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mendirikan home recording studio meski budget yang dimiliki terbatas.

Audio Mixer

Mixer menjadi alat perekam musik studio yang penting terutama untuk home recording studio. Mixer ini akan menangani berbagai macam input seperti mikrofon, gitar, dan juga keyboard. Dengan menggunakan mixer ini memungkinkan Anda untuk mengatur setiap input dan juga rute outputnya ke Audio Interface dan juga ke komputer Anda. Untuk kebutuhan home recording studio ini Anda bisa menggunakan mixer yang murah sekalipun dikarenakan fungsi dasarnya sudah tersedia pada mixer tersebut. Mixer yang layak untuk Anda pilih adalah yang bisa digunakan untuk menyesuaikan panning, volume, dan 3 band equalizer. Empat hal tersebut sudah sangat cukup untuk home recording studio.

Studi Monitors dan Headphone

Studio monitor ini berbeda dengan speakermultimedia dimana tujuannya untuk memberikan responsfrekuensi yang datar namun sempurna.Dengan menggunakan studio monitor iniĀ  Anda akan bisa membuat rekaman Anda bisa sama persis seperti digital dan disesuaikan dengan frekuensi.Saat akan memilih studio monitor ini Anda bisa mencari model near-field yang mana dirancang untuk mendengarkan dengan jarak sekitar satu meter. Selain itu pada bagian samping monitor ini Anda bisa melengkapinya dengan set headphone yang akan meminimalisir suara dimana bisa mengganggu tetangga sekitar. Untuk headphone ini tidak perlu yang mahal cukup yang standar aja yang penting suara masih bisa didengarkan.

Untuk membeli alat perekam atau produk elektronik lainnya seperti audio sound system dan speaker aktif terbaik bisa mengunjungi situs website BLIAUDIO yang menyediakan berbagai produk pelengkap untuk kebutuhan musik disini : https://www.bliaudio.com/

Sponsored Links