5 Kebiasaan yang Bisa Menghemat Kuota Internet

GadgetGan.com – Dahulu ketika masih belum ada Blackberry, HP dengan pulsa 20 ribu hingga 50 ribu nampaknya sudah sangat banyak dan bisa digunakan hingga sebulan lebih. Tapi, dengan datangnya perangkat pintar Blackberry menjadikan kita harus berlangganan aplikasi BBM dengan biaya paketnya mencapai Rp 100 ribu perbulan.

Kebiasaan itu berlanjut sampai saat ini, dimana pengguna ponsel cerdas berbasis Android, iOS, Windows dan BB harus selalu terhubung dengan internet jika tidak ingin mati gaya. Kecenderungan browsing, streaming video, bersosmed, dan lain sebagainya, membuat kita membutuhkan kuota internet banyak. Supaya kuota internet tidak cepat habis, lebih baik Anda mencoba 5 kebiasaan yang bisa menghemat kuota internet ini.

Nonaktifkan fitur auto-update

Pada smartphone berbasis Android, iOS dan lainnya terdapat sebuah fitur auto-update pada OS atau aplikasi. Apabila Anda benar-benar ingin menghemat kuota lebih baik Anda matikan fitur auto-update tersebut atau atur auto-update ketika menggunakan WiFi saja. Cara mematikan fitur auto-update ini silakan masuk ke menu Settings di aplikasi Google Play.

Pakai Browser Khusus Hemat Kuota

Aplikasi browser yang Anda gunakan juga berpengaruh kepada pemakaian kuota internet bulanan Anda. Kabar baiknya, terdapat beberapa aplikasi browser yang dibuat dengan fitur penghemat data internet. Di antaranya adalah Opera Max, Opera Mini, Onavo Extend (milik Facebook), Opera Browser dan Google Chrome.

Berburu WiFi

Manfaatkanlah fasilitas WiFi yang tersedia di cafe atau publik area lain. Jangan sungkan atau malu untuk tanya password WiFi, karena manfaatnya jelas sangat banyak. Anda bisa melakukan apa saja dengan smartphone Anda jika sudah terhubung dengan WiFi.

Tidur Malam

Kebanyakan operator seluler atau penyedia internet di Indonesia memberlakukan aturan kuota internet siang dan malam. Hal ini berarti paket internet yang Anda nikmati dari SIM card Anda dibagi menjadi dua, yakni siang dan malam. Biasanya untuk siang hari hanya bisa menikmati kuota kecil, namun malamnya Anda bisa menikmati kuota banyak. Ini berarti Anda dipaksa untuk tidur hingga larut malam agar bisa menikmati kuota internet dengan cukup banyak.

Pakai Fitur Youtube Offline

Sebelumnya Anda harus mengetahui penyebab kenapa kuota internet Anda sangat boros. Jika penyebabnya adalah sering streaming video youtube, kami sarankan Anda memanfaatkan fitur Youtube offline. Mode atau fitur ini dibuat seakan video tersebut telah tersimpan di ponsel cerdas Anda, jadi Anda bisa menontonnya berulang kali tanpa kuota.

Sponsored Links