5 Bahaya Kabel USB Type C Yang Wajib Kamu Ketahui!

Penggunaan port USB type-C saat ini sedang marak dilakukan oleh para vendor smaratphone apalagi pada smartphone kelas menengah keatas. Hal tersebut lantaran adanya teknologi dari USB Type C tersebut dapat mempercepat trasnfer data lebih tinggi dibandingkan USB biasa bahkan hingga 10 GB perdetik atau dua puluh kali lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Maka dari itulah, banyak orang tertarik untuk membeli smartphone yang sudah dilengkapi oleh fitur dari USB Type C ini. Dengan adanya fitur ini, anda tidak perlu lagi kebingungan untuk cara mencolokkan kabel yang benar karena bentuk dari USB Type C sendiri adalah simetris.

Namun meskipun inovasi baru ini bisa membuat kemudahan lagi bagi para pengguna, anda harus mewaspadai USB Type C yang digunakan benar-benar aman untuk smartphone atau justru membahayakan. Simak fakta bahaya tentang USB Type C yang mungkin tidak semua orang ketahui :

1. Memiliki tingkat bahaya lebih tinggi, tahukah anda bahwa USB Type rupanya bisa saja memiliki tingkat bahaya lebih besar dibandingkan dengan USB versi biasa? Mungkin tidak semua orang dapat memahami perkara ini. USB Type C hadir dengan rancangan dan teknologi yang lebih tinggi sehingga mampu untuk mengirimkan data lebih cepat dan mengisi daya baterai lebih banyak. Itulah kelebihan dari USB Type C, akan tetapi jika kita tidak mementingkan kualitas kabel USB C sesuai standar yang ditentukan maka hal itu akan berlaku sebaliknya yaitu akan menghancurkan smartphone dalam waktu singkat.

2. Hindari penggunaan kabel USB Type C yang palsu, di pasaran tak jarang ditemukan penjualan kabel USB Type C yang palsu dan tidak sesuai standar sehingga tentu saja akan berbahaya bagi ponsel yang menggunakannya. Memang tidak semua orang paham dan bisa membedakan yang mana palsu dan asli, untuk menghindari kesalahan ini, sebaiknya anda memiliki kabel USB Type C bawaan dari ponsel itu saja.

3. Produsen yang curang, rupanya tidak semua produsen dapat berlaku jujur ketika menjual aksesoris smartphone termasuk kabel USB Type C, bahkan beberapa diantaranya ada yang tertangkap basah memakai kabel microUSB dan hanya mengganti ujungnya saja dengan bentuk seperti USB Type C. Ini jelas saja jika digunakan akan merusak perangkat kesayangan anda. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya anda membeli langsung pada produsen resminya sehingga bisa dipertanggung jawabkan meskipun harganya memang mahal.

4. Fast Charging, adanya kabel USB Type C memang diklaim dapat mengisi daya baterai jauh lebih cepat dibandingkan USB biasa. Rupanya teori seperti ini tidak bisa disebut benar sepenuhnya. Jadi kita harus benar-benar jeli memperhatikan perihal ini.

5. Tidak adanya standardisasi, banyak produsen ponsel yang malah terkesan ingin menonjolkan fitur unggulannya yang ternyata tidak lebih baik dibandingkan kelebihan dari USB Type itu sendiri, hal itu membuat spesifikasi dari USB Type C belum terstandardisasi dari antara pihak ponsel dan pembuat aksesoris pihak ketiga.

Sponsored Links