4 Cara Menghemat Kuota Paket Internet Android

GadgetGan.com – Apakah Anda menggunakan paket Internet di ponsel Android dengan Kuota? Jika demikian berapa batas kuota paket yang Anda pilih? Jika Anda sering menggunakan data melebihi kuota tentunya akan menghabiskan isi dompet yang Anda miliki. Mulai saat ini, Anda dapat membatasi kuota paket internet dengan beberapa cara berikut :

1. Gunakan jaringan Wi-Fi saat berada di area hotspot

Apabila Anda sedang ingin menguduh file dengan ukuran puluhan MB, usahakan kamu menggunakan jaringan WI-Fi yang banyak tersedia di area kampus dan kantor. Selain dapat menikmati internet gratis untuk menghemat kuota, biasanya sebagian Wi-Fi juga memiliki kecepatan akses internet yang jauh lebih tinggi.

2. Matikan Paket Data Saat Tidak Digunakan

Walaupun tidak digunakan atau dalam keadaan stanby, smartphone Android tetap menguras sedikit data untuk mengaktifkan beberapa aplikasi seperti BBM ataupun WhattsApp.

Untuk menghemat penggunaan data, Anda dapat mematikan paket data saat tidak digunakan atau gunakan aplikasi yang menonaktifkan data saat layar ponsel dimatikan. Selain dapat menghemat data, hal tersebut juga cukup berguna untuk memperpanjang masa pakai baterai Android.

3. Matikan Fitur Auto Update pada Google Play

Terkadang dalam beberapa situasi, smartphone kita akan mengupdate aplikasi melalui play store dengan sendirinya tanpa kita gunakan. Hal tersebut dikarenakan, smartphone Anda masih mengaktifkan fitur Auto Update Apps yang langsung memperbarui aplikasi pada saat aplikasi yang Anda gunakan mengalami perbaikan.

Fitur ini cukup banyak menguras kuota, jika satu aplikasi memiliki ukuran hingga 40 MB, dan Anda menginstal puluhan aplikasi dapat di hitung berapa kuota Anda yang tersedot.

Untuk mematikan fungsi auto update dapat dengan cara : Setting > Auto-Update Apps > Do not Auto Uppdate Apps

4. Matikan fitur download otomatis pada WhattsApp

Jika Anda menggunakan aplikasi WhattsApp disarankan untuk mematikan fungsi download otomatis. Caranya adalah pilih Setting > Chat Setting > Media Auto Download > pilih no media when using mobile data.

Sekian informasi terbaru mengenai 4 Cara Menghemat Kuota Paket Internet Android yang bisa kami informasi untuk anda. Lakukan hal tersebut untuk menghemat kuota smartphone anda.

Sponsored Links