Yakin HP Android Kamu Bisa Memainkan Game Grafis HD? Ini Cara Ceknya!

Bagi seorang gamers memiliki smartphone Android yang dapat digunakan untuk memainkan game grafis HD merupakan sebuah dambaan. Banyak orang yang memburu speisifikasi tinggi smartphone agar dapat bermain game apapun di smartphone dengan leluasa. Namun tahukan anda bagaimana memeriksa bahwa smartphone Android anda dapat digunakan bermain game grafis HD ataukan tidak.

Ini tentu menjadi pertanyaan besar bangi kebanyakan orang. Memang sudah banyak berbagai macam apikasi tes benchmark untuk smartphone android yang tersebar luas yakni seperti AnTuTu, Benchmark dan GeekBench.

Pada dasarnya melakukan tes menggunakan aplikasi Benchmark telah menunjukkan hasil secara keseluruhan terhadap kekuatan yang dimiliki oleh smartphone Android.Dengan melakukan pengetesan menggunakan bencmark anda dapat memiliki gambaran terkait bagaimana kinerja onsel ketika sedang dugunakan untuk bermain game. Akan tetapi kita tidak dapat mengetahui secara spesifik terkait performa yang dihasilkan saat bermain game. Sehingga pada pembahasan kali ini kamu akan mengulas cara melakukan tes benchmark untuk memastikan performa gaming yang dimiliki oleh smartphone android yang anda milik.

Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk melakuka uji tes performa gaming adalah menginstal aplikasi benchmark yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Kemudian ikuti Langkah – langkah berikut ini.

1. Setelah mengunduh aplikasi Benchmark anda perlu membuat akun agar dapat melakukan pengetesan smartphone. Pilih tombol register kemudian isi form pendaftaran sesuai dengan identitas anda.

2. Jika pengisian form sudah selesai maka segera klik daftar. Setelah itu anda akan diminta untuk mengaktifkan akun dengan membuka email yang telah dikirim oleh pihak developer.

3. Klik link yang telah dikirim oleh developer kemudian anda akan dminta untuk login lewat aplikasi yang telah ana unduh.

4. Ketika masuk aplikasi anda akan diminta untu mengizinkan akses dari aplikasi tersebut, kemudian tap lah pada bagian bawah yakni click to enable.

5.Kemudian selanjutnya tambahkan game yang akan anda tes pada ponsel anda. Pilih Add dengan lambang ‘+’ yang terletak dibagian bawah.

6. Pilih game dengan cara mencentang dan tap icon + yang ada di pojok kanan atas.

7. Lalu mulailah memainkan game lewat aplikasi benchmark dengan memilih icon play yang terdapat pada bagian kanan game yang telah ditambahkan sebelumnya.

8. Kemudian akan ada tombol stop di bagian kiri yang disertai dengan penghitung FPS di bagian pojok kanan atas.

9. Lakukan permainan game selama beberapa menit. Apabbila anda ingn memerikasa performa baterai anda bisa melakukan permainan game selama 15 menit lamanya.

10. Apabila pengujian sudah selesai maka pilihlah tombol stop dan pengujian akan terhenti.

11. Setelah game terhenti bukalah kembali aplikasi benchmark. Anda akan melihat persentase performa gaming yang ada diiponsel anda

12. Jika ingin melihat secara spesifik pilihlah icon statistik yang terdapat di bawah tombol play.

13. Anda akan disajikan tampilan berapa jumlah bintang dan presentasi dari hardware ponsel anda yakni seperti, RAM,CPU dan GPU.

14. Pada bagian resources anda dapat melihat besarnya kinerja prosesor dan GPU saat anda memainkan game dalam bentuk grafik.