Tips dan Trik Backup Data di Smartphone Android

GadgetGan.com – Smartphone menjadi salah satu perangkat yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia. Selain digunakan sebagai sarana komunikasi, smartphone juga sering digunakan untuk menyimpan berbagai data penting layaknya menyimpan data penting pada PC.

Begitu pentingnya smartphone dalam kehidupan sehari-hari, jelas backup data pada smartphone menjadi sesuatu yang sangat penting. Pasalnya, backup data mampu memudahkan Anda untuk berganti-ganti smartphone.

Dilansir dari PCWorld, begini cara backup data di smartphone Android.

  • Simpan Data Pengaturan Ponsel dengan Google

Pada smartphone Android, Google menawarkan agar para penggunanya menyimpan pengaturan ponsel layaknya preferensi jaringan internet dan bookmark pada peramban. Melakukan backup pada dasarnya cukup mudah.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ialah masuk ke menu Backup dan Reset yang terdapat pada Settings. Kemudian, aktifkan fitur “Backup my Data”, kemudian pilih akun Google yang diinginkan untuk sarana membackup.

Setelah melakukan back up, Anda dapat mengaktifkan “Automatic Restore” yang berguna untuk pemulihan pengaturan ketika Anda berganti smartphone Android. Oleh karena itu, ketika Anda berganti smartphone baru namun masih menggunakan akun Google yang sama, sebaiknya melakukan pemulihan pengaturan.

  • Backup Foto dan Video Secara Manual

Selain menggunakan akun Google, Anda juga dapat melakukan backup data berupa foto dan video secara manual. Caranya ialah menghubungkan smartphone dengan komputer dengan menggunakan kabel data. kemudian, masuk ke memori ponsel dan pilih folder “DCIM”. Salin foto atau video yang Anda ingin backup, atau juga dapat menyalin seluruh data pada folder tersebut.


Loading...