Smartphone Tizen Telah Diluncurkan Secara Global, Akan Segera Sambangi Indonesia ?

GadgetGan.com – Setelah memasuki masa produksi, Samsung akhir mengumumkan bahwa smartphone terbarunya yang mengusung sistem operasi Tizen telah diluncurkan dan tersedia di pasar global, termasuk pula di Indonesia. Hal ini diumumkan dalam sebuah acara Tizen Developer Conference 2017 yang digelar di San Francisco, Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Kini, smartphone Samsung Tizen sendiri telah diluncurkan di sejumlah wilayah, yakni di India, Afrika dan juga Indonesia. Selanjutnya, perusahaan asal Korea Selatan tersebut juga akan mengekspansi pasar ke wilyaha Amerika Latin, Timur Tengah dan berbagai negara lainnya.

Smartphone Tizen pertama yang diluncurkannya ini ialah seri Z4. Dimana Samsung Z4 ini mengusung layar sentuh berukuran 4.5 inchi yang didukung oleh teknologi IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi WVGA 480 x 800 piksel. Dimana kerapatan layar yang dimilikinya ialah mencapai 218 piksel per inchi.

Untuk performanya sendiri, Samsung sudah sangat mantap untuk menyerahkan urusan performa pada chipset Spreadtrum SC9830S yang membawa prosesor quad-core ARM Cortex-A7 dengan clock speed 1.5 GHz. Untuk meningkatkan performanya tersebut, disematkan RAM berkapasitas 1 GB dan Mali-400MP sebagai pengolah grafisnya yang mumpuni.

Di sektor kamera, Samsung Z4 ini dibekali dengan kamera belakang beresolusi 5 megapiksel dengan autofokus dan LED flash. Selain membidik gambar, kamera belakang ini juga sangat mumpuni untuk melakukan perekaman video beresolusi HD.

Sama seperti kamera belakangnya, kamera depannya juga memiliki resolusi 5 megapiksel dengan dukungan lensa wide-angle dan LED flash yang mumpuni untuk foto selfie dan video call. Tersemat baterai berdaya tampung 2000 mAh untuk mencukupi kebutuhan daya Samsung Z4. Berbicara mengenai harganya, ponsel teranyar ini rupanya dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 1.2 jutaan.