Fitur Berguna Pada Smartphone Yang Saat Ini Sudah Hilang

Gadgetgan.com – Saat ini, persaingan antar vendor smartphone semakin padat diiringi dengan ketatnya pasar smartphone. Hal itu menuntut adanya perkembangan dan inovasi secara terus menerus sehingga perkembangan akan dunia smartphone berjalan begitu cepat.

Banyak inovasi dan kreatifitas produsen yang mulai berkembang pada banyak smartphone. Akan tetapi tanpa konsumen sadari rupanya seiring dengan perkembangan tersebut, ada beberapa fitur yang saat itu sudah hilang. Rupanya tidak semua kreatifitas tersebut bisa diterima dengan baik oleh para konsumen.

Perkembangan yang begitu pesat ini rupanya telah membuat ada beberapa fitur yang cukup berguna di smartphone saat ini telah dihilangkan oleh vendornya. Lalu, apa sajakah fitur-fitur berguna tersebut? Begini ulasannya :

1. IR Blaster
Fitur ini awalnya terpampang pada smartphone flagship atau ponsel kelas atas. Banyak smartphone tahun 2000-an dulunya yang menggunakan fitur IR Blaster atau inframerah yang dapat digunakan untuk mengirim file dari satu ponsel ke ponsel lain. Namun saat ini fitur tersebut telah tergantikan dengan adanya Bluetooth dan Wifi yang diklaim merupakan penyalur tenologi yang lebih cepat dari IR Blaster. Saat ini fitur tersebut telah hilang pada beberapa smartphone flagship meskipun pada sebagian ponsel menengah masih ada.

2. FM Transmitter
Untuk fitur yang satu ini biasanya dimiliki oleh ponsel garapan Nokia, N series misalnya saja Nokia N86. Dengan adanya fitur ini memungkinkan anda dalam hal radio. Mungkin bagi sebagian orang fitur yang satu ini masih terdengar asing. FM trasnmitter bukanlah radio akan tetapi seperti pemancar gelombang radio.

3. Thermometer
Smartphone yang pernah memiliki fitur yang satu ini adalah Nokia 5210, yang dirilis pada tahun 2002 silam. Fitur yang satu ini sebenarnya cukup menarik karena bisa menjadi sensor termometer. Anda bisa mengetahui suhu pada ruangan yang anda tempati atau disekitar dengan adanya fitur ini. Namun fitur ini telah hilang, meskipun pada tahun 2013 sempat hadir pada Samsung Galaxy S4 namun saat ini fitur tersebut sudah mulai dihilangkan.

4. Flash Xenon
Mungkin pada jaman sekarang, jarang mendengar adanya nama fitur Flash Xenon, fitur ini dulunya merupakan fitur yang cukup populer diandalkan pada kamera smartphone seperti Sony Ericson K800 dan Nokia N82. Akan tetapi belakangan kamera ini sudah tidak lagi diutamakan. Mulai bermunculan teknologi yang lebih canggih lagi yaitu LED Flash yang kemudian menghilangkan fitur tersebut.

5. 3.5mm Headphone Jack
Fitur ini biasanya disematkan oleh Apple pada smartphone iPhone buatannya. Namun belakangan kasus hilangnya fitur 3.5mm Headphone Jack pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus menjadi perbincangan hangat. Rupanya Apple menilai bahwa jack audio sengaja dihilangkan merupakan pilihan terbaik supaya membuat ruang lebih banyak lagi dan dapat meningkatkan kapasitas baterai serta optik kamera smartphone.


Loading...